Translate

Kamis, 04 Mei 2023

Gerhana Bulan Penumbra



Bulan purnama akan melewati bayangan terluar Bumi pada hari Jumat, 5 Mei 2023, menciptakan peristiwa astronomi lainnya yang disebut gerhana penumbra. Selama gerhana, kita akan melihat bulan purnama yang menjadi gelap, meskipun tidak akan menghilang sama sekali.

Seperti saat gerhana matahari hibdrida yang langka pada 20 April 2023, Indonesia akan kembali menjadi salah satu wilayah spesial selama peristiwa astronomi kali ini. Bulan akan melewati wilayah Indonesia selama lebih dari 4 jam rentan gerhana penumbra. Artinya, siapapun yang berada di wilayah Indonesia bisa melihat gerhana tersebut.

Gerhana bulan penumbra akan dimulai pada pukul 22.15 WIB dan akan terlihat dari bagian bumi mana saja yang bulannya berada di atas cakrawala, termasuk Antartika, Asia, Rusia, Oseania, serta Afrika Timur dan Tengah. Gerhana panumbra akan memuncak pada pukul 00.24 WIB, Sabtu 6 Mei 2023, dan akan berakhir pada pukul 2.32 WIB, ketika bulan muncul dari bayangan Bumi.

Dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi.

Dampak yang akan terlihat ketika gerhana bulan penumbra terjadi adalah cahaya bulan akan terlihat lebih redup dibandingkan dengan saat purnama. Sama seperti peristiwa gerhana bulan pada umumnya, ketika fenomena gerhana bulan penumbra terjadi kenaikan permukaan air pun turut terjadi.

Seluruh proses dari gerhana bulan penumbra ini dapat dilihat di sebagian besar Asia, Australia, sebagian kecil Afrika, dan sebagian Rusia. Indonesia menjadi salah satu negara yang dapat menyaksikan fenomena gerhana ini.

1. Banda Aceh
2. Medan
3. Padang
4. Pekanbaru
5. Tanjung Pinang
6. Jambi
7. Bengkulu
8. Palembang
9. Pangkal Pinang
10. Bandar Lampung
11. Serang
12. Jakarta
13. Bandung
14. Semarang
15. Surabaya
16. Yogyakarta
17. Denpasar
18. Mataram
19. Palangkaraya
20. Pontianak
21. Banjarmasin
22. Samarinda
23. Tanjung Selor
24. Riau
25. Mamuju
26. Makassar
27. Kendari
28. Gorontalo
29. Manado
30. Kupang
31. Sofifi
32. Ambon
33. Manokwari
34. Jayapura





Tidak ada komentar:

Posting Komentar